Makanan Yang Mengandung Protein - WAmaniac

Makanan yang Mengandung Protein yang Berguna Untuk Pembentukan Otot

      Bagi anda yang ingin memiliki tubuh atletis .Anda pasti meluangkan waktu untuk berolahraga seperti fitnes,jogging,renang,bersepeda dll.Anda pasti sering mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi seperti telur,daging,susu.Terkadang ada yang makan putih telur tanpa nasi.Padahal cara tersebut kurang baik.Untuk beraktivitas sehari-hari tubuh kita membutuhkan energi.Tubuh kita membutuhkan asupan dari makanan yang tidak hanya mengandung protein saja tetapi juga mengandung vitamin,mineral dan serat.

Berikut makanan yang mengandung protein.Baik protein hewani dan protein nabati :

Protein nabati :
1. Beras
2. Gandum
3. Bayam
4. Kacang kedelai
5. Kacang hijau
6. Kacang almond
7. Kacang polong
8. Kentang
9. Brokoli
10. Biji bunga matahari

Protein hewani :
1. Dada ayam 
2. Daging sapi
3. Daging kambing
4. Ikan
5. Telur
6. Keju
7. Tuna
8. Susu kambing
9. Susu sapi


Telur merupakan makanan sering kita jumpai sehari-hari yang mengandung banyak protein,tetapi kadang anda beranggapan bahwa kandungan protein terdapat pada kuning telur.Padahal itu tidak benar.Protein yg paling banyak ada di bagian putihnya.Jadi putih telur bagus untuk pembentukan otot.Karena mengandung protein 12,6gr/100gr.


Keju berasal dari susu yang diolah dengan berbagai macam rasa.Keju mengandung protein,kalsium dan fosfor yang dapat melindungi email gigi dan menjaga kepadatan tulang.Kandungan protein keju adalah 21gr/100gr.


Dada ayam mengandung banyak protein karena tiap 100gr nya mengandung 28gr protein.Ayam juga terdapat lemak yaitu di bagian ekor dan kulit.Jadi jika anda mengkonsumsi daging ayam hindari bagian ekor dan kulit.


 Ikan tuna adalah ikan laut yang juga mengandung protein yaitu 29gr/100gr.manfaat ikan tuna bagus untuk pertumbuhan anak,dapat mencegah kanker dan penyakit stroke.




Gandum utuh atau disebut juga oat.gandum mempunyai serat yg larut dalam tubuh sehingga bagus untuk menurunkan lemak dan kolesterol didalam tubuh.Gandum mengandung protein 16gr/100gr.Banyak juga yang mengkonsumsinya untuk diet.




Beras merupakan makanan pokok kita sehari-hari.Jangan salah beras juga mengandung protein lho.Kandungan protein per 100gr yaitu 7,13gr.Ya cukup lumayan proteinnya.Mengkonsumsi nasi jangan terlalu banyak karena mengandung banyak kalori.Jika kalori berlebih dapat menyebabkan lemak ditubuh anda.Memang untuk beraktivitas seharian tubuh kita membutuhkan energi.Tetapi komsumsi nasi juga harus di batasi.

   

Bayam adalah salah satu sayuran yang mengandung protein 2,9gr/100gr.Cukup sedikit memang.Tetapi bayam mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.Tidak salah kalau anda suka makan sayur bayam seperti popeye.
    

Kacang kedelai dapat di olah menjadi berbagai macam makanan,seperti tahu,tempe,susu kedelai dan tauge.Kandungan protein kedelai 36,49gr/100gr.Selain protein kedelai juga mengandung lemak,serat,kalsium dan lecithin.Kacang kedelai juga mempunyai banyak manfaat yaitu meningkatkan metabolisme tubuh,diet sehat,dan mencegah sel kanker.




Kacang hijau mempunyai kandungan protein sebesar 3,04gr/100gr.Selain protein juga terdapat kalsium,fosfor,zat besi dan vitamin B komplek.Kacang hijau juga punya banyak manfaat Seperti pencegah sel kanker,menurunkan berat badan dan bagus untuk kesehatan kulit.



Kacang almond juga mengandung protein sebesar 21,22gr/100gr.Dari segi harga kacang almond terbilang lebih mahal di banding kacang yang lain.Selain kaya akan protein almond juga memiliki banyak manfaat yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan untuk kecantikan kulit.Kacang almond juga terdapat pada makanan olahan seperti cokelat dan eskrim.Tetapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi cokelat atau eskrim karena tinggi kalori.




Kacang polong adalah jenis sayur-sayuran yang mengandung protein nabati yang cukup tinggi dibandingkan sayuran yang lain yaitu 8 gr/100g.Karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi sayuran ini dapat meningkatkan massa otot.Selain itu kacang polong juga bermanfaat untuk menurunkan gula darah,mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang dan masih banyak lagi manfaat yang lain.




Brokoli adalah sayuran yang mengandung banyak nutrisi yaitu mengandung vitamin A B C K dan mineral yang di butuhkan tubuh.Per 100 gr mengandung protein 2,82gr/100gr. banyak sekali manfaat dari sayuran ini di antaranya menurunkan berat badan,mencegah penyakit jantung dan menjaga kesehatan kulit.  


Susu sapi adalah minuman yang mengandung protein,kalsium,zat besi,fosfor banyak vitamin dan mineral.Kandungan protein susu sapi 3,20gr/100gr.Ada banyak manfaat pada susu sapi diantaranya menjaga kepadatan tulang dan gigi,membuat tubuh menjadi rileks dan membentuk otot.


Selain susu sapi susu kambing juga mengandung protein 8,7gr/100gr.Susu kambing mengandung Kalsium dan antioksidan yang dapat mencegah penyakit syaraf.Susu kambing juga dapat mencegah anemia karena mudah diserap oleh tubuh.





Biji bunga matahari biasa dinamakan kuaci.Kuaci adalah cemilan sehat yang mengandung Protein.Kandungan proteinnya 20,78gr/100gr.Selain sebagai cemilan sehat,biji bunga  matahari juga dapat mencegah serangan jantung dan stroke,baik untuk kesehatan kulit dan menenangkan syaraf.




Selain sebagai sumber karbohidrat kentang juga mengandung protein 2gr/100gr.Manfaat lain kentang adalah mengurangi resiko batu ginjal dan menurunkan tekanan darah. 

Demikian berbagai macam makanan yang mengandung protein yang berguna untuk pembentukan otot.Sebenarnya sumber protein banyak sekali terdapat pada makanan kita sehari-hari.Tapi kita tidak banyak yang tau.Selain sebagai sumber protein,berbagai macam makanan di atas juga mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh.Jadi membentuk tubuh atletis selain berolahraga juga harus menjaga pola makan yang sehat dan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan protein.

     





Berbagai Sumber

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Gambar Kucing Yang Lucu&Imut Edisi Terbaru - WAmaniac

Puisi lucu yang menghibur bikin ketawa - WAmaniac

Video Aksi Kebrutalan Marc Marquez di Ajang Balap Motogp - WAmaniac